Kartu Layanan Kesehatan Telkom University

Kartu Layanan Kesehatan Telkom University

BANDUNG, TEL-U – Hai Telutizen tahu kah kalian bila Telkom University memiliki layanan Kartu Kesehatan Sebagai Kartu Identitas Berobat loh! Seperti apa penjelasanya? simak pemaparan kartu layanan Kesehatan Telkom University pada artikel berikut. Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai Layanan Kesehatan Telkom University yaitu Klinik Pratama TelkoMedika, sekarang kita akan membahas mengenai kartu Layanan Kesehatan yang digunakan saat kita berobat di klinik Pratama TelkoMedika Telkom University. Telkom University bekerjasama dengan TelkoMedika mengeluarkan suatu Kartu Layanan Kesehatan yang diberikan untuk seluruh mahasiswanya.

Apa itu Kartu Kesehatan Telkomedika Telkom University?

Kartu Kesehatan TelkoMedika ini befungsi sebagai sebuah kartu identitas yang digunakan untuk keperluan perawatan, pemeriksaa dan berobat, baik itu di poliklinik Telkom University maupun di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan TelkoMedika. Kartu ini di terbitkan oleh pihak kampus, dan akan didistribusikan saat mahasiswa sudah aktif berkuliah. Penerbitan kartu Kesehatan TelkoMedika ini bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan Layanan Kesehatan yang ada di Telkom University. Kartu ini mulai didistribusikan dan digunakan sejak tahun 2016. Dahulu Sebelum klinik Pratama Telkom Univrsity pindah di dekat Direktorat Kemahasiswaan, mahasiswa hanya menggunakan KTM (Kartu Tmahasiswa Mahasiswa) sebagai kartu identitas saat berobat. “Kita baru dikasih tahun 2016, sebelumnya kalian pakai KTM,” ujar Nurhayati selaku Kepala Urusan Bimbingan Konseling Telkom University.

Bagaimana Pendistribusian Kartu Telkomedika Telkom University?

Alur pendistribusi kartu Kesehatan TelkoMedika ini di awali dengan proses penerbitan kartu oleh TelkoMedika yang bekerjasama dengan pihak kampus Telkom University. Untuk selanjutnya diteruskan ke bagian kemahasiswaan universitas, dan akan dibagikan kepada setiap kemahasiswaan fakultas, baru setelahnya mahasiswa dapat mengambilnya ke bagian kemahasiswaan di fakultas masing-masing.

Cara Penggunaan Kartu Telkomedika Telkom University?

Untuk tata cara penggunaan kartu Kesehatan TelkoMedika ini sangat mudah sekali. Mahasiswa haya perlu membawa serta menunjukan kartu ini ke bagian adminstrasi klink Pratama Telkom University saat berobat. Selanjutnya dari pihak klinik akan mencocokan data yang tertera di kartu kesehatan dengan data yang ada di dalam database. Bila data sudah dipastikan cocok maka mahasiswa akan langsung mendapatkan pelayanan Kesehatan seperti biasa. Mudah bukan? Keuntungan lain dari penggunaan kartu kesehatan ini adalah bila mahasiswa sedang tidak berada di wilayah kota Bandng, mahasiswa yang memiliki kartu ini tetap bisa mendapatkan Layanan Kesehatan menggunakan kartu ini di beberapa rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan TelkoMedika. “Di PKS (Perjanjian Kerja Sama) yang baru, tambahannya itu rumah sakit di luar kota. Satu kota hanya terdapat satu, karena TelkoMedika di sana punya cabang rumah sakit-rumah sakit. Pokoknya yang kota-kota besar, Medan, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta.” Lanjut Nurhayati. Untuk di kota Bandung sendiri beberapa klinik yang sudah bekerjasama dengan Kartu Telkomedika ini antara lain RS Al-Ihsan, RS Bina Sehat, RS Muhammadiyah dan RS Al-Islam  

Layanan Kesehatan Telkom University 2

Layanan Kesehatan Telkom University

 

Biaya Pembuatan Kartu Telkomedika Telkom University?

Lalu apakah untuk dapat memiliki kartu Kesehatan ini Mahasiswa harus mengeluarkan biaya lebih? Tentu tidak. Seluruh biaya layanan kartu kesehatan yang ada di klinik TelkoMedika ini sudah tercover oleh biaya BPP perkuliahan, dimana biaya layanan kesehataan sebesar Rp150.000,00 yang ada dalam rincian pembayaran BPP mahasiswa sudah termasuk dalam pembayaran asuransi mahasiswa setiap semesternya. Jadi mahasiswa tidak perlu khawatir bila harus mengeluarkan biaya lebih untuk kartu ini. Namun bila sewaktu waktu Mahasiswa kehilangan kartu ini, Mahasiswa dapat memintanya kembali ke bagian Kemahasiswaan Telkom University dengan biaya sekitar Rp25.000,00. “Kalau tidak salah 25 ribu, tetapi tidak tahu apakah ditanggung ke mahasiswa atau ke Tel-U. Itu nanti bisa di negosiasi,” ujar Nurhayati. Selama itu juga mahasiswa masih bisa dilayani dengan menggunakan KTM.   Kartu Kesehatan ini sangat memberi jaminan layanan kesehatan untuk seluruh mahasiswa Telkom University. Selain itu kartu ini juga sangat mudah digunakan serta biaya layanan yang cukup terjangkau karena tercover oleh BPP mahasiswa. Semoga dengan adanya kartu Kesehatan ini Layanan Kesehatan Telkom University semakin meningkat dan berkembang.

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.