Lokakarya UI GreenMetric Tahun 2021

TANGERANG – IPMI International Business School bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di wilayah LLDIKTI III menyelenggarakan seminar virtual bertajuk “Lokakarya UI GreenMetric untuk Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III 2020” pada Kamis, 9 Juli 2020.  

Program UI GreenMetric yang hadir sejak 2010 dan bertaraf internasional ini diprakarsai oleh Universitas Indonesia. Seminar daring ini dipandu oleh Lia Hadiati dan Deddy M. Kresnoputro selaku Kepala SDM & Administrasi/Koordinator UGM Sekolah Tinggi. Prof Ir. M. Aman Wirakartakusumah., M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Sekolah Tinggi Manajemen IPMI, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M selaku Ketua UI GreenMetric World University Rankings dan Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III mengawali acara ini dengan sambutan pembuka.

Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari selaku Ketua UI GreenMetric menjelaskan tujuan diadakannya acara ini, “Acara ini adalah penggenapan dari Sustainable Development Goals yang ke-14 dalam bidang partnership. Kiranya kampus-kampus Indonesia menjadi percontohan pusat pengembangan pendidikan, teknologi dan budaya untuk permasalah lingkungan. Juga bekerja sama untuk menularkan semangat dan mengimplementasikan enam indikator lingkungan.”

UI GreenMetric awalnya hanya menjadikan permasalahan lingkungan sebagai tolak ukur dari pemberian peringkat. “Kini pihak kami juga akan mempertimbangkan indikator  dampak Sosial dan Ekonomi. Kami menetapkan Peringkat UI GreenMetric dengan melihat permasalahan kampus dari enam indikator. Kita dapat melakukan hal kecil di kampus untuk memelihara lingkungan,” ungkap Prof. Dr. Ir Tommy Ilyas, M. Eng. selaku Staf Ahli UI GreenMetric Universitas Indonesia. Ke-enam indikator UI GreenMetric yang dimaksud adalah Setting and Infrastructure, Energy and Climate Change, Waste (Sampah), Water, Transportation, dan Education and Research.

Total ada 780 Perguruan Tinggi Dunia dari 85 Negara yang sudah bergabung dalam UI GreenMetric.  Di dalam skala Internasional, peringkat pertama UI GreenMetric 2019 ditempati oleh Wageningen University & Research. Disusul oleh peringkat dua dari University of Oxford dan tempat ketiga, University of California, Davis. Di dalam peringkat UI GreenMetric skala Nasional, Universitas Multimedia Nusantara menempati posisi ranking ke-13 dengan indikator Energy & Climate Change dan Water di posisi ke tiga. Dengan peringkat yang didapat, Andrey Andoko selaku Wakil Rektor Universitas Multimedia Nusantara,  berbagi mengenai pengolahan air dan penghematan energi yang sudah dilakukan.

Turut hadir diantaranya,  Dr. Eko Adi Prasetyanto selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerjasama Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya; Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt selaku Rektor Universitas Pancasila; Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM. selaku Rektor Universitas Budi Luhur; Prof. Dr. Ernawati Sinaga M.S., Apt  selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama Universitas Nasional yang membahas dedikasi kampus terhadap pelestarian lingkungan dengan menerapkan enam indikator. Di akhir acara, dibacakan Deklarasi UI GreenMetric dari 12 Universitas di Indonesia yang ikut serta dalam Peringkat Dunia UI GreenMetric.

“Harapan kami sebagai tuan rumah, ke depannya konsep lingkungan hijau dapat terus berkembang. Hal ini didukung oleh perubahan mindset dan tindakan nyata dari civitas kampus . Upaya UI GreenMetric harus tetap berjalan meski di tengah situasi pandemi seperti ini, ” ungkap Prof. Ir. M. Aman Wirakartakusumah., M.Sc., Ph.D. selaku tuan rumah dalam penyelenggara seminar online. Prof. Aman juga menyampaikan bahwa Universitas Multimedia Nusantara akan menjadi tuan rumah pada Lokakarya UI GreenMetric 2021. (source : by Adonia Bernike Anaya – Layanan Berita Universitas Multimedia Nusantara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.