Pulau Terluar di Indonesia

Sebagai salah satu upaya sosialisasi keberadaan pulau-pulau kecil terluar dalam rangka menjaga keutuhan wilayah Republik Indonesia, Universitas Telkom menggunakan nama Pulau-pulau kecil Terluar Indonesia untuk dijadikan nama Gedung di Universitas Telkom dan dituangkan dalam SK Rektor KR 503/INV04/LAM/2014, hal ini untuk menjaga dan mengingat pulau pulau di Indonesia, antara lain :

a. Gedung Bangkit , merupakan gedung rektorat di Universitas Telkom. Nama Bangkit diambil dari Pulau Bangkit atau Bongkil merupakan  pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Bongkil ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, provinsi Gorontalo.

gedung bangkit
gedung bangkit

b. Gedung Lingian, merupakan gedung perkantoran. Nama Lingian diambil dari Pulau Lingian merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Makasar dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Lingian ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Toli-Toli, provinsi Sulawesi Tengah.

c. Gedung Panehan, merupakan gedung pascasarjana. Nama Panehan diambil dari nama Pulau Panehan yang merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Panehan ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Trenggalek, provinsi Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *